Menjadi Tim Dokumentasi dan Publikasi, Mahasiswa Magang FIB UNEJ Ikut Sukseskan Penyerahan Dukungan Minimal Pencalonan DPD di KPU Jatim


Alfiyatun Hasanah (kiri), Muhammad Rizqi Hasan (tengah), dan Zakirin Manzhila Nurilma melakukan foto setelah acara “Penyerahan Dukungan Minimal Pemilih Tahapan Pencalonan Perseorangan Dewan Perwakilan Daerah Pemilihan Umum 2024” (Foto: Tiara)

Surabaya – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) membuka Penyerahan Dukungan Minimal mulai 18-29 Desember 2022. Namun, para bakal calon menjadwalkan untuk hadir menyerahkan dokumen syarat dukungan minimalnya pada Selasa-Kamis, 27-29 Desember 2022.
Dalam acara tersebut, KPU Jatim melibatkan mahasiswa magang dari Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jember (Unej). Mahasiswa magang yang dimaksud ialah Muhammad Rizqi Hasan dan Alfiyatun Hasanah dari Sastra Indonesia serta Zakirin Manzhila Nurilma dari Ilmu Sejarah.
Dalam acara ini, ketigaanya ditugaskan dalam dokumentasi dan publikasi acara. Alfiya ditugaskan untuk notulensi sambutan-sambutan, Zakirin bertugas sebagai monitor live streaming YouTube, sedangkan Hasan ditugaskan membuat rilis berita untuk laman resmi KPU Provinsi Jawa Timur, jatim.kpu.go.id .
Acara ini digelar untuk menerima dokumen syarat dukungan minimal pemilih yang diserahkan para bakal calon anggota DPD Provinsi Jawa Timur. Rangkaian tersebut antara lain bakal calon yang datang, setelah mengisi daftar hadir, akan disambut dan diterima oleh Ketua, Sekretaris, dan Jajaran Komisioner KPU Jatim. Setelahnya, bakal calon menyampaikan maksud dan tujuannya di aula lantai dua Kantor KPU Provinsi Jawa Timur. Setelah itu, Ketua KPU akan menyampaikan sambutannya dilanjut penyerahan dokumen syarat dukungan minimal pemilih oleh masing-masing bakal calon anggota DPD. Terakhir, bakal calon melakukan konferensi pers di tempat yang disediakan KPU Jatim.
Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, dalam sambutannya pada Selasa, 27 Desember 2022, menyampaikan bahwa pihaknya sengaja memberikan penyambutan sebaik mungkin kepada para bakal calon peserta Pemilu 2024. Menurutnya, hal ini dilakukan sebagai implementasi slogan KPU yakni #KPUMelayani.
“Semangat KPU hari ini adalah soal cara menjaga kedekatan yang sama, sekaligus memberi pelayanan terbaik kepada para bakal calon peserta Pemilu 2024. Sambutan kepada para bakal calon anggota DPD ini sengaja kami persiapkan untuk mewujudkan semangat itu sekaligus bukti konkret tagline #KPUMelayani,” terangnya.
Sebagai informasi, mahasiswa magang di KPU Jatim merupakan bentuk kerja sama FIB Unej dengan KPU Jatim untuk mengimplementasikan salah satu Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yakni magang mandiri (mitra fakultas).
Dalam praktiknya, rangkaian program magang periode ini berlangsung mulai 22 Agustus – 23 Desember 2022. Selama kurang lebih empat bulan tersebut, Rizqi dan Alfiya ditempatkan dalam Subbagian Partisipasi Masyarakat (Subbag Parmas).
Soal dirinya yang turut andil dalam acara ini, Hasan menyampaikan bahwa dirinya memperpanjang magang selama tujuh hari hingga tanggal 30 Desember mendatang.
Menurut Hasan, selama magang dalam Subbag Parmas, ia mendapat beberapa tugas, yakni konten kreator TikTok, editor video, dokumentasi, penulis berita, dan rekap berita.
“Tugas-tugas tersebut semakin meningkatkan skill saya,” tambahnya.
Ia juga berharap, kegiatan yang magang ia tempuh selama empat bulan ini memberikan manfaat, baik untuk dirinya, instansi, maupun fakultas. Ia juga berharap program ini terus berlanjut.
“Semoga kegiatan magang ini dapat terus berlanjut. Sebab, memberikan manfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa mendapat pengetahuan-pengetahuan yang tidak didapat di perkuliahan dan menjadi tahu gambaran dunia kerja,” pungkasnya. ***

(Kontributor: Muhammad Rizqi Hasan)




Comments are Closed