Mahasiswa Magang FIB UNEJ Turut Sukseskan Media Gathering KPU Jatim

Surabaya – Mahasiswa magang dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB Unej) terlibat dalam acara Media Gathering Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang diselenggarakan oleh Subbagian Partisipasi Masyarakat (Parmas) pada Selasa-Rabu, 18-19 Oktober 2022 di Hotel Swiss Bellin, Surabaya.

Acara tersebut melibatkan empat mahasiswa magang yang berasal dari Universitas Jember (Unej) dan Universitas Airlangga (Unair). Masing-masing mahasiswa itu ialah Muhammad Rizqi Hasan dan Alfiyatun Hasanah dari FIB Unej serta Ganjar Ndaru Aji dan Diva Diah Liana Ningrum dari FISIP Unair.

Dalam acara yang digelar selama dua hari tersebut, setiap anak magang memiliki peran yang berbeda-beda. Rizqi dan Ganjar berperan sebagai seksi dokumentasi acara, sedangkan Alfiya dan Diva sebagai petugas administrasi.
Menurut Alfiya, dalam menjalankan tugasnya tersebut, ia bertugas membagikan semkit berupa jaket dan membantu peserta mengisi presensi yang terdiri dari nama lengkap, nama media, jabatan, dan tanda tangan.
Dalam acara tersebut, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan bahwa tahapan verifikasi faktual partai politik calon peserta pemilu diselenggarakan pada 15 Oktober – 4 November 2022.

“Kemudian untuk rekruitmen badan Ad Hoc PPK dan PPS, akan kami buka pada November mendatang,” tambahnya.
Sebagai informasi tambahan, Alfiya dan Rizqi adalah peserta program Magang mandiri MBKM, program kerja sama antara KPU Jatim dengan FIB Unej.

Kegiatan magang tersebut berlangsung sekitar empat bulan, mulai 22 Agustus – 23 Desember 2022.
FIB mengirim 14 mahasiswa magang yang terdiri dari 7 orang dari Sastra Indonesia dan 5 orang dari Ilmu Sejarah. Keempat belas orang itu kemudian disebar 7 orang di KPU Provinsi Jawa Timur, 5 orang di KPU Kota Surabaya, dan 2 orang di KPU Kabupaten Jember.