Mahasiswa Magang FIB UNEJ di Radar Jember Liputan Pameran Seni Rupa “Where Are You?”


Saiful Yatim, pelukis

Jember, Radar Jember memiliki hubungan mitra dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Pada semester ganjil ini ada lima mahasiswa yang magang di Radar Jember. Tiga mahasiswa dari Jurusan Sejarah dan dua mahasiswa dari Jurusan Sastra Indonesia. Namun salah satu mahasiswa magang dari Jurusan Sejarah meninggal dunia pada saat awal magang.

Mahasiswa magang ditugaskan melakukan liputan sesuai tema atau topik yang sudah ditentukan oleh redaktur Radar Jember. Tema-tema tersebut meliputi kesenian, UMKM, tokoh inspiratif, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa magang setiap harinya juga ditugaskan liputan kegiatan bupati secara bergantian (sistem rolling).

Pada tanggal 28 November – 4 Desember 2022, di Jember Kreatif Lab (J-KLAB) diselenggarakan pameran seni rupa yang menampilkan lukisan-lukisan dari tokoh-tokoh terkenal. Bahkan tidak hanya pelukis dari Jember saja yang ikut berpartisipasi menampilkan karyanya, namun juga pelukis dari luar kota.

Redaktur Radar Jember menugaskan mahasiswa magang meliput kegiatan pameran tersebut dari berbagai sudut pandang. Dengan berbagai sudut pandang yang berbeda para narasumber diwawancarai. Ada yang mewawancarai pelukisnya langsung, ada yang mewawancarai dosen seni budaya, dan juga ada yang mewawancarai perwakilan dinas pariwisata.


Mahasiswa magang berpose bersama pelukis peserta pameran

Sebelum hari terakhir pameran ditutup tepatnya tanggal 3 Desember 2022, mahasiswa magang mengunjungi pameran untuk melihat suasana pameran dan lusisan-lukisan yang ditampilkan. Tak lupa mereka juga mendokumentasikan beberapa lukisan dan suasana pameran di J-KLAB tersebut. Dalam suasana yang akrab para mahasiswa juga melakukan sesi foto bersama dengan pelukis.

“Pameran di Jember relatif jarang. Baru dua kali ini, yang pertama bulan September 2022 di Roxy Mall Jember, kedua baru bulan November-Desember ini di J-Klab. Dengan pemerintah melalui Bupati, kami berkeinginan membuat event yang bagus untuk Jember dalam urusan seni rupa atau art,” papar Saiful Yatim, pelukis.

Mahasiswa magang mendapatkan insight langsung dari pelukis mengenai makna dan sejarah dari lukisan yang ia buat. Pelukis yang diwawancarai, bernama Saiful Yatim, memamerkan tiga lukisannya. Karya lukisan yang diciptakannya adalah sebuah trilogi, yaitu ketiga lukisan tersebut memiliki cerita yang nyambung satu sama lain. Ia mengatakan bahwa salah satu lukisan yang sedang dipamerkan di J-KLAB sudah ada yang dibeli, meskipun bukan lukisan miliknya.

(Kontributor: Natasya Meira Fernanda Putri)

Comments are Closed