Mahasiswa Magang Prodi Sastra Indonesia Ikut Serta dalam Pelatihan Tata Kelola Pemilu oleh KPU Provinsi Jawa Timur di Hotel Narita, Surabaya

(Mahasiswa Magang Berfoto di Stan Foto Hotel Narita)

 

Surabaya – KPU Provinsi Jawa Timur melibatkan mahasiswa magang dari Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember sebagai bagian dari panitia Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu yang diadakan selama dua hari pada tanggal 8—9 Mei 2022 di Hotel Narita, Surabaya.

KPU Provinsi Jawa Timur mengadakan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu sebagai arahan dari Sekretariat Jenderal (Sekjen) KPU Republik Indonesia selama dua tahap dengan diikuti 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Sesuai dengan arahan Sekjen, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pegawainya tentang kepemiluan. Mahasiswa Universitas Jember yang sedang menjalani program magang di KPU Provinsi Jawa Timur turut mengikuti kegiatan tersebut sebagai perluasan wawasan tentang pemilu.

 

Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu ini dihadiri oleh Dr. Nur Hidayat Sardini, S. Sos. M.Si. selaku koordinator tim pakar KPU RI sekaligus sebagai pemateri dari Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu. Sebagai pemateri, Bapak Nur tidak lupa untuk mengingatkan bahwa sebentar lagi sudah memasuki Tahapan Pemilu 2024. Tahapan Pemilu 2024 ini dimulai tanggal 14 Juni hingga berlangsungnya pemilu sehingga para pegawai diminta semangat juangnya untuk melaksanakan dengan baik.

(Pemberian Materi oleh Dr. Nur Hidayat Sardini, S. Sos. M.Si.)

 

Pentingnya wawasan mengenai pemilu akan berpengaruh besar terhadap keberhasilan dan kesuksesan dalam menjalankan pemilu yang berlandaskan pada asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luber Jurdil). Mahasiswa sebagai generasi penerus harus tahu bagaimana cara berdemokrasi yang baik dan benar.

 

“Saya senang sekali dihadiri oleh mahasiswa karena mereka merupakan penerus-penerus kita ke depannya dengan mulai dikenalkannya dari sekarang mengenai Tata Kelola Pemilu yang berintegritas,” kata Nur.

 

Harapannya untuk pemilu bahwa sebagai elemen KPU harus semangat melayani dan siap berintegritas 24 jam seperti yang ada pada slogan KPU sendiri. Di sisi lain, mahasiswa magang juga diminta untuk tetap ikut serta membantu jalannya Pemilu 2024 tetap lancar dan sukses dengan cara ikut merayakan Pesta Demokrasi 2024 mendatang. (kontributor: Reza Andhika)




Comments are Closed