TUNTAS MENYELESAIKAN MAGANG, DISPUSIP JEMBER SAYANGKAN PERPISAHAN

Kelompok mahasiswa magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dari Jurusan Sastra Indonesia, FIB, UNEJ di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Jember telah tuntas menyelesaikan tugas. Tim yang terdiri atas tiga mahasiswi ini ditempatkan di spesifikasi bidang yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jember (Dispusip). Bidang-bidang tersebut di antaranya: Perpustakaan, Kesekretariatan, dan Kearsipan. Bidang perpustakaan dan kesekretariatan berada di Kantor Dispusip Jl. Letjen Panjaitan No. 49 Kec. Sumbersari Jember. Sedangkan Kantor Kearsipan terletak di Jl. Dharmawangsa No. 186 Krajan, Rambigundam, Kec. Rambipuji Jember.

 

Magang ialah mengikuti rutin aktivitas yang ada di institusi tujuan, mulai dari mengerjakan tugas yang ada di sana, hingga melakukan interaksi dengan pegawai setempat. Tentu hal ini merupakan pengalaman yang begitu berharga bagi mahasiswa. Mengetahui ranah kehidupan dunia kerja secara langsung, bagaimana pola interaksi yang seharusnya dipakai selama belajar bekerja, dan bagaimana cara memanajemen waktu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.

 

Kegiatan magang MBKM dilakukan selama 4 bulan 1 minggu, terhitung sejak tanggal 21 Maret hingga 18 Juli 2022. Selama magang, mahasiswa di-rolling per 1 bulan 10 hari. Mahasiswa diberi kebebasan memilih bidang mana yang akan ditempuh pertama kali. Sesuai kesepakatan, bidang perpustakaan awal kali ditempuh oleh Sri Widayanti, bidang kesekretariatan ditempuh oleh Tika Maya Priscillia, sedangkan bidang kearsipan ditempuh oleh Maulidiah Nur Hikmah. Demikian pula pada putaran kedua, mahasiswa juga diberi kebebasan memilih bidang yang akan dituju selanjutnya.

 

Luaran yang diharapkan dari proses magang MBKM ialah mahasiswa bisa beradaptasi dengan dunia kerja. Tentu pengalaman ini merupakan hal yang sangat berharga. Mahasiswa tidak melulu berkutat dengan laptop dan tugas kuliah, melainkan juga diberi nilai tambah karena terjun langsung ke lapangan pekerjaan. Selain itu, mahasiswa juga mendapat pengalaman bagaimana cara menyikapi watak tiap-tiap pegawai yang beragam.

 

Sebagaimana zaman yang telah maju, waktu menuntut setiap individu untuk semakin maju pula. Terlebih di era yang serba digital seperti akhir-akhir ini, institusi juga dituntut lebih maju dalam mengembangkan platform digital. Dalam hal ini, mahasiswa turut memberikan sumbangsih mengisi konten akun Tiktok Dispusip Jember. Konten yang dimaksud ialah berisi rekomendasi buku, serta motivasi untuk terus membaca, sejalan dengan visi Dispusip Jember “Jember Membaca dan Tertib Arsip”.

 

Usai melaksanakan magang, mahasiswa membuat seremoni penarikan mahasiswa magang yang dihadiri oleh Sekretaris Dispusip —Bapak Imam Bukhari—, dan Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian —Bapak Prima Judiarto, S.Sos. Keduanya menyatakan begitu menyayangkan perpisahan mahasiswa magang, dan meminta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) magang MBKM untuk segera memberikan mahasiswa baru yang akan ditempatkan di Dispusip Jember, sebagai ganti dari mahasiswa yang berpisah per Senin, 18 Juli 2022. (Kontributor: Tika Maya Priscillia).

Comments are Closed