PENARIKAN MAHASISWA MAGANG UNIVERSITAS JEMBER DI LPP RRI JEMBER

Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2022 dilaksanakan acara Penarikan Mahasiswa Magang dari Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember. Kegiatan magang ini dilaksanakan sejak 21 Maret hingga 18 Juli 2022. Jumlah mahasiswa magang dari Unej adalah sebanyak empat orang dan ditempatkan tersebar di unit-unit kerja di LPP RRI Jember.

Kegiatan penarikan mahasiswa magang yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan, dilaksanakan pada setiap ruangan seksi yang ada di LPP RRI Jember, yaitu Seksi Siaran, Seksi LPU (Layanan dan Pengembangan Usaha), dan Seksi Pemberitaan. Pada Seksi Siaran didampingi oleh Koordinator Programa dan sub seksi perencanaan, pada Seksi LPU didampingi oleh Kepala Seksi LPU beserta sub seksi yang ada, sedangkan pada Seksi Pemberitaan didampingi juga oleh Kepala Seksi Pemberitaan dan sub seksi berita liputan dan olahraga.

Dalam setiap seksi mahasiswa selama magang mendapatkan tugas berbeda-beda karena setiap lima pekan sekali dilaksanakan rolling seksi. Pada seksi pemberitaan tugas-tugas yang dilakukan berkaitan dengan berita baik lisan maupun tulisan. Dalam seksi pemberitaan mahasiswa magang diajarkan menyunting berita, menjadi gate keeper untuk menyambungkan berita ROS (Reporter on the Spot), melakukan rekaman suara naskah berita, dan membantu administrasi seksi pemberitaan jika dibutuhkan.

Pada seksi siaran tugas mahasiswa magang berkaitan dengan program siaran radio, seperti melakukan reshuffle playlist, menghitung BPM (Beat Per Minute) untuk menentukan low, middle low, middle, middle up, up. Pada sub seksi perencanaan dan evaluasi acara mahasiswa magang membantu membuat laporan situasi acara programa, membantu membuat logbook untuk Pro 1 dan Pro 2, lalu membantu merekap daftar acara siaran, serta membantu administrasi seksi siaran jika dibutuhkan.

Terakhir pada seksi Layanan Pengembangan Usaha mahasiswa magang bertugas membuat flyer acara yang akan dilaksanakan di RRI Jember dan untuk diupload di media social RRI Jember, membuat adlib, menyetorkan uang kepada PNBP, lalu seksi LPU memiliki sub bagian PPID yang bertugas sebagai pemberi informasi, seperti apabila terdapat masyarakat yang kehilangan STNK, BPKB, ataupun buku KIR bisa melaporkan ke RRI supaya bisa disiarkan dan dibuatkan berita media cetak berupa koran sebagai lampiran yang dibawa ke Satlantas.

Pada acara penarikan, para mahasiswa magang menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak mitra magang yaitu LPP RRI Jember karena telah menerima dan memberikan pengalaman serta ilmu baru yang tidak didapatkan di bangku perkuliahan. DPL mewakili fakultas menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan pihak LPP RRI Jember untuk menerima mahasiswa magang dan memberikan ilmu serta kesempatan menimba pengalaman kerja langsung di tempat kerja sebagai bagian dari link and match antara dunia kampus dan dunia industri atau dunia kerja. Pasca kegiatan magang berupa pengumpulan hasil laporan kegiatan magang sebagai bentuk laporan dan penanggungjawaban kegiatan magang para mahasiswa tersebut kepada universitas dan kepada mitra magang. (Kontributor: Sofia Kusumaningrum)

Comments are Closed