Mahasiswa UNEJ Magang Dispusip Jember Ikuti Kunjungan Bus Perpustakaan Keliling ke SMK Kelautan dan Perikanan Puger

Bus perpustakaan keliling Dispusip Jember

Jember—Selasa (21/09), Bus perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Jember melakukan kunjungan sekolah ke Kecamatan Puger, tepatnya di SMK Kelautan dan Perikanan Puger. Kunjungan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan dari serangkaian acara masa orientasi sekolah. Saat itu bus perpustakaan berkunjung atas permintaan sekolah. Waktu yang ditempuh kurang lebih selama satu setengah jam dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember ke SMK Kelautan dan Perikanan Puger. Dua mahasiswa magang dari Prodi Sastra Indonesia FIB UNEJ, Adinda Salsabilla Risanti dan Syarofatul Maufiroh dilibatkan menjadi bagian dari petugas yang ikut serta dalam kunjungan tersebut.

  Tim perpustakaan keliling bersama mahasiswa magang.

Setelah bus sampai di sekolah tersebut, petugas langsung menyiapkan meja untuk pendataan peminjaman buku dan menyediakan kursi untuk tempat membaca para siswa. Peminjaman dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kedua mahasiswa magang diberi tugas melakukan pelayanan terhadap siswa kelas 10 yang ingin meminjam buku dengan mendata nama peminjam serta mencatat kode buku yang dipinjam.

Alur layanan, pertama sebanyak lima siswa diperbolehkan masuk ke dalam bus secara bergantian. Alur kedua para siswa yang meminjam buku menghampiri tempat pendataan buku dengan menyebutkan nama serta menunjukkan buku yang dipinjam. Selanjutnya petugas akan mencatat nama peminjam dan kode bukunya. Ketiga, para siswa diberi waktu sampai pukul 12.00 WIB atau selama satu setengah jam untuk meminjam buku. Buku yang dikembalikan harus diletakkan ke dalam keranjang yang telah disediakan. Hal ini bertujuan agar para petugas dapat memastikan jumlah buku yang dipinjam dan mempermudah menata buku kembali ke rak sesuai kategorinya. Selain itu, untuk menerapkan protokol kesehatan, petugas juga menyediakan handsanitizer di meja pendataan buku.

Terlihat siswa-siswi SMK Kelautan dan Perikanan Puger pun senang dan antusias memanfaatkan layanan perpustakaan kelililing tersebut. “Saya senang ada bus perpustakaan keliling ke sini. Jadi bisa pinjem buku yang nggak ada di perpus sekolah,” tutur salah satu siswa. Akhirnya, tibalah saatnya bus perpustakaan keliling kembali ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember berangkat pulang sekitar pukul 12.15 WIB. (Kontributor: Adinda Salaabilla Risanti, mahasiswa Sastra Indonesia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *