DPL MBKM Prodi Sastra Indonesia Visitasi Mahasiswa Magang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi

(30/09/2021) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Program Studi Sastra Indonesia Edy Hariyadi S.S., M.Si. melakukan kunjungan kepada mahasiswa yang melaksanakan magang di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi (Disbudpar)

.

Dalam kunjungan tersebut, Edy Hariyadi berkoordinasi dengan Kasubbag Umum dan Kepegawaian Disbudpar Banyuwangi Ibu Suryani Agus Wahyuti, S.H. sebagai penanggung jawab mahasiswa magang di kantornya. Dalam kesempatan tersebut Ibu Suryani menjelaskan sistem pembagian kerja dan kinerja untuk enam orang mahasiswa magang dari Prodi Sastra Indonesia FIB UNEJ yang  telah dilaksanakan kurang lebih satu bulan di kantornya.

Kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa terbagi menjadi beberapa bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan divisi di Disbudpar dan konversi mata kuliah yang berjumlah 20 SKS. Tiap bidangnya mahasiswa didampingi dan diawasi oleh staf yang telah berpengalaman, sehingga pelaksanaan program magang MBKM menjadi tempat mahasiswa untuk mencari pengalaman kerja dan mendapatkan ilmu baru.

Pertemuan tersebut juga dihadiri Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Ir. Choliqul Ridha. Dalam pertemuan tersebut Bapak Choliqul Ridha memberikan banyak wejangan terhadap mahasiswa magang terkait dunia kerja, administrasi dan manajemen. “Di tempat magang kalian sekarang ini lupakan teori dari buku-buku, kalian cari ilmu sebanyak-banyaknya dengan melihat dan praktek langsung. Kegiatan yang tidak kalian dapatkan di bangku perkuliahan akan kalian dapatkan di sini. Oleh karena itu manfaatkan sebaik mungkin” ujar Bapak Choliqul Ridha.

Bapak Choliqul Ridha menekankan pula pada mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa untuk memegang prinsip dan filososi seorang pemimpin. Bahwa seorang pemimpin itu harus punya AKIK, sebuah akronim dari Administrasi, Komunikasi, Informasi, dan Koordinasi. Artinya, seorang pemimpin harus well-informed, komunikator yang baik terhadap publik dan anak buahnya, memahami administrasi, dapat mengkoordinasi sehingga bisa mengatur dan me-manage dengan baik roda organisasi, perusahaan atau kantor yang dipimpinnnya.

Di akhir kunjungannya, Edy Hariyadi selaku DPL mengingatkan kembali bahwa kegiatan Magang MBKM ini selain untuk mendapatkan banyak pengalaman dan belajar di tempat kerja, mahasiswa magang juga dituntut tugas-tugas terkait konversi mata kuliah yang diambil mahasiswa disesuaikan dengan Tupoksi yang ada di mitra magang. Untuk itu peran aktif dan kreatif mahasiswa magang dalam kerja dan kegiatan-kegiatan Disparbud perlu terus ditingkatkan bersama.
(Kontributor: Qorina Rahmawati, mahasiswa Sastra Indonesia)

 




Comments are Closed