Dispusip Banyuwangi Perkenalkan “Lare Osing” pada Mahasiswa Magang Prodi Sastra Indonesia FIB UNEJ

Kegiatan magang MBKM dimanfaatkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Banyuwangi untuk memperkenalkan Layanan Referensi Online Singkat (Lare Osing) kepada mahasiswa magang dari Prodi Sastra Indonesia FIB Universitas Jember pada Selasa (12/10). Lare Osing merupakan inovasi baru yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Banyuwangi untuk melayani pemustaka berkaitan dengan kebutuhan jurnal-jurnal ilmiah. Layanan ini terhubung dengan e-resource  yang dimiliki oleh perpustakaan nasional yang menyediakan jurnal, baik nasional maupun internasional.

Mahasiswa magang dikenalkan Lare Osing dimulai dengan membuat akun atau kartu anggota perpustakaan nasional. Melalui akun ini, mahasiswa magang dapat mengakses berbagai fasilitas perpustakaan, salah satunya adalah e-resource. Lebih lanjut, mahasiswa magang juga diperkenalkan layanan terjemahan bahasa asing dengan hasil terjemahan yang baik.

“Sebelumnya saya belum memiliki kartu anggota perpustakaan dan belum mengetahui bahwa perpustakaan memiliki layanan akses jurnal,” ungkap Putri, salah satu mahasiswa magang Dispusip Banyuwangi.

Putri mengungkapkan, layanan ini sangat membantu mahasiswa untuk menemukan jurnal-jurnal yang dapat digunakan untuk penelitian, khususnya skripsi.

Putri mengatakan, “Saya akan sangat terbantu dengan e-resource ini. Terlebih lagi saya sebentar lagi akan menulis skripsi. E-resource akan membuat saya semakin mudah untuk menemukan jurnal-jurnal yang dapat saya gunakan untuk referensi.”

Lare Osing ini menjadi salah satu bentuk kepedulian Dispusip Banyuwangi terhadap kebutuhan pemustaka pada sumber bacaan dan sumber referensi. Tidak hanya untuk mahasiswa, layanan ini terbuka untuk umum. Pemustaka dapat datang langsung ke ruang klinik kepustakawanan yang dimiliki oleh Dispusip Banyuwangi untuk mendapatkan bimbingan dari pustakawan secara langsung.

Yusup Khoiri selaku Pustakawan Muda Dispusip Banyuwangi menyampaikan bahwa memperkenalkan Lare Osing kepada mahasiswa magang tidak hanya untuk mengisi kegiatan magang, namun juga agar Lare Osing semakin dikenal. “Mahasiswa magang dapat memperkenalkan dan mengajarkan mahasiswa lain dan juga masyarakat yang membutuhkan sumber-sumber bacaan dari jurnal,” tutur Yusup.

(Kontributor: Sasi Nur Aini, mahasiswa Sastra Indonesia)

Comments are Closed