63 Siswa MAN 1 Jember Mengadakan Kunjungan ke Fakultas Sastra

IMG_4334

Sebanyak 63 siswa kelas XI jurusan bahasa dan 5 guru pembimbing dari MAN 1 Jember mengadakan kunjungan untuk belajar tentang program studi yang berada di lingkungan Fakultas Sastra Universitas Jember, khususnya Program Studi Televisi dan Film (PSTF). Dalam sambutannya Dekan Fakultas Sastra Universitas Jember Dr. Hairus Salikin, M.Ed. menyambut baik kedatangan para siswa-siswi kelas 9 dan 10 untuk belajar dan memperoleh informasi terkait dengan program studi-program studi yang terdapat di Fakultas Sastra,seperti Program Studi Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, dan Televisi dan Film. Perlu diketahui bahwa animo calon mahasiswa untuk memasuki Program Studi Televisi dan Film sangat tinggi, bahkan bisa bersaing dengan Fakultas Kedokteran.

Sementara itu, perwakilan guru pembimbing dalam sambutannya mengutarakan maksud kedatangan para siswa-siswa MAN 1 Jember ini terkait dengan keinginan untuk mengetahui proses-proses pembelajaran dalam teknologi media, khususnya audiovisual di Program Studi Televisi dan Film (PSTF) karena saat ini teknologi informasi sedang ngetrend. Sehingga para siswa-siswa memiliki wawasan dan pengetahuan untuk melanjutkan studi S1 di Program Studi Televisi dan Film. Selain itu juga ada pemarapan informasi dari jurusan lainnya, seperti Sastra Inggris, Sastra Indonesia, dan Ilmu Sejarah.

Presentasi di awali dari Ketua Jurusan Ilmu Sejarah Drs. Nawiyanto, M.A.,Ph.D. yang memaparkan beberapa informasi terkait dengan Jurusan Ilmu Sejarah, baik visi dan misi, matakuliah keahlian, matakuliah pendukung dengan fasilitas yang dimiliki seperti laboratorium videografi sejarah, termasuk juga dumber daya pengajar. Setelah Jurusan Ilmu Sejarah, presentasi kemudian dilanjutkan Jurusan Sastra Indonesia yang disampaikan oleh Dra. Hj. Sri Ningsih, M.S. dan IMASIND yang dipaparkan oleh ketua IMASIND Agus Sholeh tentang sejarah, kurikulum keahlian, sumber daya staff pengajar, dan orientasi output dari para lulusan Jurusan Sastra Indonesia. Sedangkan Agus Sholeh lebih pada pemaparan organisasi dan program kerja unggulan dari IMASIND, seperti teater akbar, arisan seni, wisata ilmiah, pekan raya, bhakti sosial, termasuk beberapa prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh IMASIND. Presentasi selanjutnya disampaikan oleh Dra. Supiastutik, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Sastra Inggris yang menyampaikan materi terkait dengan kompetensi, prestasi, kegiatan, dan kurikulum. Termasuk juga tentang kiprah para alumni yang menduduki posisi strategis baik di pemerintahan, media, maupun swasta.

Program Studi Televisi dan Film (PSTF) menyampaikan beberapa informasi penting terkait dengan matakuliah dan kompetensi dari keahlian terkait dengan kemampuan dalam media audiovisual, seperti penulisan naskah fiksi dan non fiksi, sinematografi, tata artisitik, editing, ilmu komunikasi, fotografi, videografi dokumenter, estetika, presenter, jurnalistik televisi, praktika terpadu dalam bidang variety show dan film fiksi. Pemaparan disampaikan oleh Drs. Hary Kresno Setiawan, M.M. dan Denny Antyo Hartanto, S.Sn.,M.Sn. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab antara siswa-siswa dengan para pemateri. (BAK)

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *